Sabtu, 24 Desember 2011

Pelajaran


TENTANG
MEDIA PENDIDIKAN BIOLOGI
UNTUK PEMBELAJARAN
DI TINGKAT SMA DAN SMP

Diajukan  :
Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah
Media Pendidikan Tahun 2011













Disusun oleh  :
FERY FAZRIN
  20080311078

     Kelas IV D








PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KUNINGAN
2011

KATA PENGANTAR


Pemilihan Media Pendidikan yang baik dan benar adalah faktor penting diperhatikan oleh guru dalam rangka persiapan pembelajaran kepada siswanya.
Dengan membuat Media Pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, maka akan memberikan dampak positif terhadah hasil pembelajaran dan kondite guru yang bersangkutan.
Dengan selesainya makalah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru untuk memilih Media pendidikan yang tepat untuk diterapkan kepada siswa sesuai dengan tingkatan pendidikannya.
Namun saya menyadari atas kekurangan dalam penyusunan dan isi dari makalah ini, tentunya adalah tanggungjawab kita untuk memperbaiki makalah ini agar lebih baik demi kemajuan anak didik kita dalam pengetahuan pendidikan biologi pada khususnya.    
Semoga Allah SWT. melimpahkan Hidayah serta Inayah-Nya  kepada kita semua.  Amin Ya Robbal’alamin.
                                   

Kuningan,    Desember 2011

Penyusun










i
DAFTAR  ISI







Halaman

KATA PENGANTAR…………………………………………...…….……..

i
DAFTAR ISI………………………………………………………….………
ii







BAB 
I
PENDAHULUAN



A.
Maksud dan Tujuan......……………………………
1


B.
Permasalahan…………………………….................
1




BAB

II
MEDIA PEDIDIKAN UNTUK TINGKAT SMA

 


A.
Karakteristik Daerah........................................
2

 


B.
Karakteristik Siswa..........................................
2

 


C.
Jenis Media Pendidikan...................................
2

 


D.
Hasil Pembelajaran yang Diharapkan.............
3

 





BAB

III
MEDIA PENDIDIKAN UNTUK TINGKAT SMP

 


A.
Karakteristik Daerah.......................................
4

 


B.
Karakteristik Siswa..........................................
4

 


C.
Jenis Media Pendidikan...................................
5

 


D.
Hasil Pembelajaran yang Diharapkan.............
5

 




BAB

IV
PENUTUP
6

 

DAFTAR PUSTAKA
7

 













                                                                            




BAB I
PENDAHULUAN


A.      Maksud dan Tujuan
Beberapa hal yang melatar belakangi disusunnya makalah ini mempunyai maksud dan tujuan.
MAKSUD  :
1.         Mengetahui sejauh mana minat siswa untuk belajar pendidikan Biologi di sekolah-sekolah.
2.         Mengetahui pengaruh topografi wilayah terhadap pembelajaran.
3.         Mengetahui karakteristik siswa di pedesaan dengan diperkotaan.
4.         Memberikan gambaran kepada guru untuk membuat media pendidikan yang baik dan benar.

TUJUAN  :
Adanya arah pengajaran Pelajaran Biologi di SMP dan SMA dengan kualitas murid, melalui pemberian media pendidikan biologi yang baik dan benar.
B.       Permasalahan
Beberapa permasalahan yang dihadapi dalam duania pendidikan antara lain  :
1.         Pelajaran Biologi adalah sulit.
2.         Dukungan media pendidikan yang kurang dari pihak sekolah maupun dinas dan instansi terkait dalam pengadaan media pendidikan.
3.         Kurangnya pemahaman dan manfaat media pendidikan bagi siswa.

oooOooo


BAB II
MEDIA PENDIDIKAN UNTUK TINGKAT SMA

A.      Karakteristik Daerah
Karakteristik daerah yang sudah menyerupai perkotaan akan berpengaruh terhadap gaya hidup, dan pola pendidikan dimana sekolah itu berada.
Karakter-karakter yang mungkin timbul dari murid, dan karakter yang timbul dari guru antara lain  :
1.    Sekolah yang lengkap prasarana dan sarana pendidikannya.
2.    Sekolah klasifikasi mewah.
3.    Sekolah pavorit.
B.       Karakteristik Siswa
Beberapa karakteristik siswa yang perlu diperhartikan antara lain  :
1.    Berfikir kritis;
2.    Selalu ingin ada persaingan di kelas;
3.    Merebut simpati guru;
4.    Senang belajar di alam terbuka.
Karakteristik siswa perlu untuk diketahui gurunya, untuk lebih menguasai materi kedepan yang akan disampaikan, dan menghindari adanya miss comunication.
C.      Jenis Media Pendidikan
Media yang cocok untuk tingkatan pelajar SMA sederajat antra lain :
1.         Media Pendidikan dengan Multimedia.
2.         Media Pendidikan dengan Movie Maker.
3.         Media Pendidikan dengan Suara/Rekaman.
Beberapa alasan media tersebut diatas cocok untuk digunakan dalam pembelajaran untuk siswa tingkat SMA sederajat, antara lain  :
1.         Siswa sudah mengenal audio visual.
2.         Pendidikan guru sudah lebih tinggi dari pada siswanya.
3.         Perangkat yang akan digunakan lebih mudah diadakan berdasar tingkatan pendidikan.
4.         Siswa akan berusaha mencari tahu dengan cara mencari sumber pembelajaran lainnya.
D.      Hasil Pembelajaran yang Diharapkan
Output yang diharapkan dari pembelajaran dengan media pembelajaran untuk tingkat SMA yang diharapkan adalah  :
1.         Siswa dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang materi yang diberikan.
2.         Siswa dapat memilih media pembelajaran yang tepat untuk masing-masing pokok bahasan mata pelajaran biologi.
3.         Dapat mempraktekan dengan benar untuk meyakinkan hasil pembelajaran.
4.         Dapat mengingat materi pelajaran secara melekat, sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
Guru yang kreatif dan diawali dengan kesederhanaan dalam menggunakan media pembelajaran, maka akan mendorong pihak-pihak yang peduli pendidikan akan ikut andil untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolahnya.

oooOooo







BAB III
MEDIA PENDIDIKAN UNTUK TINGKAT SMP

A.      Karakteristik Siswa dan Daerah
Sekolah SMP dan sederajat pada saat sekarang sudah sampai ke desa-desa, sehingga tidak sulit bagi wajib belajar SMP untuk mengenyam pendidikan ke tingkat SLTP, serta kebijakan gratis untuk sekolah dasar 9 tahun, akan memicu masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke tingkat SMP.
Beberapa karakteristik daerah/ lingkungan untuk tingkatan SMP dibagi ke dalam dua bagian  :
1.         Karakteristik siswa standar
a.         Tingkat kedisiplinan siswa kurang;
b.        Kwantitas kehadiran siswa kurang;
c.         Fasilitas media pendidikan kurang terpenuhi;

2.         Karakteristik siswa lebih
a.         Tingkat kedisiplinan siswa tinggi.
b.        Kwantitas kehadiran siswa lebih baik.
c.         Fasilitas media pendidikan cukup terpenuhi.
d.        Motifasi belajar siswa merata.
B.       Jenis Media Pendidikan
Untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan biologi bagi tingkatan SMP, maka media pendidikan yang digunakan harus sangat mendukung, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Media pendidikan yang cocok digunakan untuk tingkat SMP antara lain  :
1.      Media Pendidikan dengan Gambar.
2.      Media Pendidikan dengan Eksperimen.
Alasan kenapa media ini cocok dipergunakan untuk tingkat SMP adalah  :
1.      Karena media ini melalui audio visual yang dihasilkan.
2.      Media ini akan memberikan dasar pendidikan bologi yang baik dan benar.
3.      Memberikan kesan menarik minat untuk belajar biologi.
C.      Hasil Pembelajaran yang Diharapkan
Mengingat pendidikan biologi di tingkat SMP merupakan dasar, maka otuput yang dihasilkan tergantung dari guru bagaimana metode pembelajaran disampaikan kepada siswa.
Dengan kata lain keberhasilan pembelajaran biologi di tingkat SMP sangat dipengaruhi oleh karakteristik guru dalam mengajar biologi di kelas, sehingga kedekatan guru kepada murid sangat menunjang terhadap keberhasilan pembelajaran biologi di SMP.
Adapun output yang diharapkan dari pembelajaran biologi di tingkat SMP adalah :
1.         Memahami dasar-dasar pendidikan biologi.
2.         Selalu ingin tahu tentang pengembangan ilmu-ilmu biologi.
3.         Dapat menerapkan hasil pembelajaran di sekolah, dengan cara pemberian tugas belajar ataupun mencari pembanding dari apa materi yang diberikan oleh guru, di lingkungan masing-masing.
4.         Munculnya ide-ide kreatif dari siswa karena ketertarikan dari materi-materi yang dibahas.



oooOooo






BAB VI
P E N U T U P

Demikian makalah ini kami susun, kiranya dapat memberikan gambaran kepada para pendidik untuk memilih, dan memilah Media Pembelajaran cocok digunakan dalam tingkatan SMP dan SMA sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan, dan hasil pembelajaran yang berkualitas.
Akhirnya dengan segala keterbatasan pengetahuan penulis, saya sampaikan makalah ini, mudah-mudahan dapat membantu pihak-pihak yang berkopenten dalam dunia pendidikan.
Share on :

1 komentar:

diq sayang atin mengatakan...

ka anak uniku ya??tingkat berapa?

Posting Komentar

 
© Copyright Stop! Global Warming 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all